Agrowisata di Kalimantan

Kalimantan Timur merupakan wilayah yang cukup terkenal dengan keasrian flora dan kaya akan fauna-nya. Tidak mengherankan jika Kalimantan Timur ditumbuhi tanaman yang indah dan cocok dijadikannya sebagai objek wisata.

  • Taman Agrowisata Batuah

    T1hUkqoz0d

Tanaman yang hijau menjadikan Kalimantan Timur dibanjiri berbagai tanaman yang unik, menyegarkan, dan tentu saja menjadikan wilayah ini lebih terawat dengan karunia yang diturunkan untuk tanah Kalimantan Timur.

Agrowisata menjadi pilihan tepat untuk para pelancong yang ingin menikmati keindahan Provinsi ini. Menikmati keindahan alam merupakan pilihan yang tersedia dengan berbagai fasilitas yang menunjang untuk mempermudah wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kalimantan Timur.

74a1e8f956c1de3d0edf5ada99422b44--taman-indonesia

p47c4e168a6de6

Salah satunya objek wisata yang tersedia adalah Taman Agrowisata Batuah. Sebuah taman yang menyajikan berbagai hasil tanaman dan buah-buahan yang dapat dinikmati langsung dengan fasilitas dan wahana lain yang mampu melunasi keinginan wisatawan untuk berlibur.

Taman Agrowisata Batuah ini terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Ia memiliki luas 35 ha dengan konsep pertanian, alam dan wisata dan berada di antara pertanian rakyat desa Batuah.

Taman Agrowisata Batuah ini dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur akan tetapi lokasi dan areanya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lama tempuh dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit.

Adapun beberapa tanaman yang mendapat perhatian pengunjung adalah tanaman anggrek. Taman Agrowisata Batuah ini memiliki bebagai macam jenis tanaman anggrek yang di antaranya adalah Anggrek Alam, Dandrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, dan tanaman hias lainnya.

Anggrek

Anggrek-anggrek di tempat ini juga dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Seperti yang diketahui bahwa tanaman yang satu ini memiliki pesona yang indah dan menawan sehingga mampu memukau para pengunjung yang datang ke Taman Agrowisata Batuah.

Tidak hanya tanaman anggrek, tetapi wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Agrowisata Batuah juga dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan oleh adanya Rumah Kaktus.

Rumah Kaktus ini merupakan salah satu objek yang banyak dikunjungi. Terdapat 10 rumah kaktus yang berjejer rapi dan berwarna-warni. Sama dengan anggrek, kaktus inipun dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.

Dapat dibayangkan dengan luas taman yang tidak kecil membuat tanah ini penuh dihiasi tanaman yang indah, asri, unik, juga menyegarkan membuat pengunjung dapat betah berlama-lama mengelilingi tempat ini.

Jiika wisatawan yang datang berkunjung dan ingin bermalam di taman ini, pengelola telah menyiapkan villa dengan gaya rumah panggung untuk bermalam. Tentu saja tidak hanya villa yang disediakan tetapi fasilitas lain seperti café juga disediakan untuk pengunjung yang sudah kelaparan atau hanya sekedar ingin menikmati teh dan kopi sambil memandang taman yang elok dengan harum bunga yang semerbak.

Keuntungan lain jika pengunjung ingin bermalam adalah menikmati buah-buah tropis segar dengan beraneka jenis yang ada di Taman Argowisata Batuah, diantaranya adalah jenis-jenis Rambutan seperti Binjai, Lebak Bulus, Rapiah, Antalagi, Durian, Nanas, Salak Pondoh, Jambu, dll.

Seperti halnya anggrek dan kaktus, buah-buahan ini juga dapat dimakan dan dibeli langsung dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Tanah seluas 35 ha ini tidak seluruhnya digunakan untuk tanaman, tetapi di sisi lain bagi pengunjung yang memiliki hobi memacing maka tentu akan dipuaskan dengan kolam memancing yang tersedia.

Beberapa kolam pemancingan yang menjadi andalan dari Agrowisata Batuah adalah 3 buah kolam yang berada di lekukan perbukitan yang dapat menampung kurang lebih 100 orang pemancing.

Selain tempat memancing, fasilitas lain yang diberikan adalah Fergola dengan payung bunga, saung tempat istirahat, juga toilet. Tidak hanya itu pengunjung juga memilki pilihan hiburan lain dengan adanya Jogging Ttack dan Camping Ground sebagai tempat berkemah.

Dengan lokasi yang terhampar luas serta berada pada dataran tinggi di tengah-tengah kebun buah-buahan sehingga setiap pengunjung dapat menikmati suasana alam yang indah dengan angin sepoi-sepoi dan adanya aroma keharuman bunga yang menyegarkan.

Disajikannya berbagai wahana pilihan untuk memanjakan pengunjung dan fasilitas yang dibuat sedemikian mungkin untuk mempermudah kebutuhan, rasanya berkunjung ke Taman Agrowisata Batuah menjadi salah satu pilihan yang tepat jika datang ke tanah Kalimantan Timur.

  • Aloevera Center, Pontianak

    Lidah-Buaya

(Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri. Tanaman lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk perawatan dan kesuburan rambut anda. Lidah buaya ternyata juga nikmat disantap sebagai minuman segar yang berkhasiat bagi kesehatan. Tanaman ini relatif mudah ditemui di Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya para petani menjual pelepah lidah buaya dengan harga seribu rupiah perkilogram.

Sebagai salah satu sentra pengembangan lidah buaya yang sudah terkenal baik di tingkat lokal maupun internasional, Kota Pontianak memiliki potensi yang sangat cocok untuk pembudidayaan. Hampir diseluruh wilayah Kota Pontianak memiliki struktur tanah gambut yang mana memiliki tingkat Ph atau keasaman yang tinggi, hal ini menyebabkan tumbuhan lidah buaya dapat tumbuh dengan subur.

Lidah Buaya Pontianak termasuk dalam jenis Aloevera Chinensis. Jenis Lidah buaya ini dapat terus dipanen hingga umur 12 hingga 13 tahun. Di derah Pontianak, lidah buaya ini dapat berkembang menjadi lidah buaya yang memiliki kualitas super karena setiap pelepahnya memiliki berat sekitar 0,8 sampai 1,2 kilogram. Jika dibandingkan dengan jenis lain seperti lidah buaya Amerika dan Cina yang beratnya hanya 0,5 sampai 0,6 kilogram, tentu Lidah Buaya Pontianak adalah komoditi spesial.

Biasanya, Setelah berumur 10 sampai 12 bulan, lidah buaya Pontianak dapat dipaneh setiap bulan. Keunggulan lidah buaya Pontianak sangat diakui dunia. Oleh karena itu, lidah buaya pontianak sudah banyak diekspor ke luar negeri.

Awal mula pengembangan lidah buaya di Pontianak dimulai di daerah Siantan Hulu pada tahun 1980. Pada mulanya, proses penanaman belum dilakukan secara khusus, yang mana hanya ditanam menggunakan pot dan bercampur dengan tamanan lainnya. Kemudian pada tahun 1990, setelah mulai mengetahui manfaat dan potensi ekonomi, masyarakat mulai menananm secara khusus. Tanaman di tanam di ladang khusus dan tidak lagi bercampur dengan tanaman lain.

Pada akhirnya tahun 1992, Lidah buaya mulai menjadi komoditi unggulan di Kota Pontianak. Hingga pada perkembangannya sekarang, Lidah buaya menjadi ikon unggulan Kota Pontianak karena keistimewaan lidah buaya Pontianak yang memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan lidah buaya lainnya dan tentu dengan nutrisi yang lebih berlimpah.

Pada Awal permulaannya, lidah buaya hanya dimanfaatkan masyarakat sebatas manjadi minuman segar yang dijual di warung-warung.

20150414DYJ_ARWANA-8-1

Aloe Vera Center Pontianak resmi didirikan pada tahun 2002, walaupun budidaya lidah buaya di Pontianak telah ada sejak tahun 1990. Aloe Vera Center Pontianak ini merupakan pusat pengembangan yang diawasi oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Pembangunan kawasan ini merupakan hasil dari kerja sama antara Pemerintah Kota Pontianak dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat. Aloe Vera Center Pontianak telah berkembang sangat pesat dan berhasil berkontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak.

Dengan adanya pusat pengembangan ini, mampu memberikan berbagai macam inovasi dalam pengembangan budidaya, mulai dari penamanan hingga hasil olahan. Dari yang awalnya hanya dikembangkan sebagai bahan minuman, lidah buaya banyak dikembangkan menjadi berbagai produk olahan mulai dari minuman, dodol, jelly, kerupuk, dll.

Cara Berkunjung

Kawasan agro wisata yang dikenal dengan nama Aloe Vera Center ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak. Berada sekitar 8 Km dari pusat kota, di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu. Ada beberapa opsi pilihan transportasi yag dapat digunakan, mulai dari ojek online, taxi dan Angkutan Kota atau biasa disebut Oplet.

Untuk ojek online dapat kalian temukan dengan mudah di pencarian google, cukup ketik angkuts atau djemput. Ojek online akan mengantarkan kalian langsung ke lokasi. Apabila ingin menggunakan angkot atau biasa disebut oplet, kalian dapat menumpang dari terminal Kapuas menggunakan oplet berwarna putih dengan jurusan Siantan Hilir.

Sebagai rekomendasi, akan lebih mudah dengan menggunakan ojek online. Biasanya ojek tersebut juga menyediakan mobil apabila ingin pergi secara rombongan.

Hal-Hal yang Menarik di Aloe Vera Center Pontianak

Melihat Penanaman Aloe Vera

Di kawasan Aloe Vera Center Pontianak ini kalian dapat melihat secara langsung Lidah Buaya Pontianak yang sudah terkenal di kancah Internasional. Kalian akan melihat tanaman lidah buaya raksasa yang belum pernah kalian lihat sebelumnya ditanam berjejer dengan rapi.

Berkunjung ke aloe Vera Center Pontianak akan sangat baik jika mengajak anak-anak atau murid untuk belajar secara langsung mengenai kekayaan flora yang kita miliki. Harapannya akan tumbuh rasa kebanggaan dan rasa ingin tahu untuk selalu berinovasi dan mengolah ldah buaya agar nilai ekonomisnya semakin meningkat.

Disamping itu, kita juga akan diberitahu mengenai khasiat dan kandungan lidah buaya secara lebih detail. Beberapa kandungannya diantara lain adalah Vitamin A, B1, B2, B12,C ,E, berbagai macam mineral dan Asam Amino.

Adapun beberapa manfaat dari nutrisi dan vitamin tersebut yakni sebagai anti mikroba melawan bakteri pathogen, sebagai pembersih tubuh, penstabil kadar kolesterol darah, pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotic, bahan yang memperlambat penuaan dini, dan bahan anti luka bakar. Dengan mengetahui manfaat tersebut, tentu kita akan dapat menggunakannya secara lebih maksimal.

Melihat Kreasi Hasil Pengolahan Aloe Vera Center Pontianak

sda

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui lidah buaya sebagai bahan pembuatan kosmetik. Kalian akan terkejut ketika datang ke Aloe Vera Center Pontianak. Disana kalian akan meilhat berbagai macam olahan produk yang sangat menarik, mulai dari makanan, snack, minuman, kosmetik, dll.

Beberapa hasil olahan makanan dan snack yang terkenal seperti dodol, permen, Jelly, kopi, Cokelat, Teh Lidah Buaya, stik lidah buaya, Kerupuk lidah buaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Kuliner  di Aloe Vera Center Pontianak

Hasil olahan produk Aloe Vera Center dapat langsung kalian rasakan maupun dijadikan oleh-oleh khas Pontianak. Kalian harus merasakan segarnya air Lidah buaya dibawah teriknya panas kota Pontianak. Pastikan kalian merasakan semua hasil olahan dari lidah buaya tersebut, karena disamping enak, tentunya memiliki khasiat yang sangat banyak.

Produk-produk hasil olahan tersebut merupakan produk kualitas ekspor. Beberapa Negara seperti Brunei Darusalam dan Malaysia telah menjadi pasar utama produk-produk tersebut. Pastikan untuk membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh.

Kawasan Aloe Vera Center Pontianak adalah syurga bagi penikmat lidah buaya. Baik bagi mereka yang menginginkan manfaat dari khasiat lidah buaya ataupun nilai ekonomisnya. Pastikan untuk berkunjung ke tempat satu ini ketika kalian di kota Pontianak. Karena kalian bisa merasakan wisata yang dapat menambah ilmu tentang kesehatan. Semoga Bermanfaat.

 

Sumber :

  1. http://www.wacana.co/2016/09/taman-agrowisata-batuah-di-kalimantan-timur/
  2. http://wisatapontianak.com/aloe-vera-center-lidah-buaya-kota-pontianak-kalimantan-barat/
  3. http://borneochannel.com/aloe-vera-center-pontianak/
Advertisements

2 thoughts on “Agrowisata di Kalimantan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s